22 Juni 2009

Mengakui Kesalahan

Setiap dari diri kita tidak ada yang sempurna, semua pernah melakukan suatu kesalahan baik itu kesalahan kecil atau kesalahan besar, disengaja atau tidak disengaja. Tetapi saat telah tersadar telah melakukan sebuah kesalahan yang disengaja atau tidak, seringkali enggan dan tidak mau mengakui kesalahan tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa seringkali enggan untuk mengakui sebuah kesalahan. Mungkin karena malu, gengsi, takut terkena sanksi dan banyak lagi alasan lain yang membuat takut untuk mengakuinya.

Mengakui kesalahan adalah sebuah kemenangan, karena dengan mengakui kesalahan yang telah dilakukan berarti seseorang telah belajar berintospeksi diri, belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dimasa yang akan datang dan belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Dengan mengakui kesalahan yang telah dilakukan, orang lain tidak akan menghina kita, malah mereka akan semakin menghargai kita karena dalam diri sudah tertanam sikap untuk bertanggung jawab kepada apa yang telah kita lakukan.

Ya Tuhanku, ampunilah semua kesalahan yang telah aku lakukan kepadaMu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar