Ingatlah Selalu Kebaikan Orang Lain

15.46.00 Posted by Fikri Online

Dalam hidup (termasuk aku), kita seringkali hanya ingat pada dua hal yaitu kebaikan kita kepada orang lain dan kesalahan orang lain terhadap kita. Tetapi kita sering lupa akan dua hal yaitu kesalahan kita kepada orang lain dan kebaikan orang lain kepada kita.

Memang tidak ada salahnya mengingat kebaikan yang telah kita lakukan kepada orang lain, tetapi alangkah lebih bijak jika kita selalu mengingat kebaikan orang lain. Dengan selalu mengingat kebaikan orang lain, akan timbul suatu fikiran positif “Kapan aku bisa membalas kebaikan mereka…!” atau “Terima kasih Tuhan, karena engkau telah menciptakan mereka berada di sampingku”. Tetapi jika hanya mengingat kebaikan yang telah kita lakukan, kita hanya akan berfikir, “Ah, kapan aku bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dari orang lain” atau “Aku sudah berbuat baik kepada mereka, ngapain aku harus berbuat baik lagi” atau bahkan akan berfiir seperti ini “Tuhan tidak adil, aku sudah banyak berbuat kebaikan, tetapi sampai saat ini apa yang aku peroleh…?”

Selalu mengingat kesalahan orang lain juga merupakan hal yang negatif karena dapat membuat hidup anda menjadi kusam. Bayangkan saja apabila semua orang hanya melihat kesalahan dan kejelekan orang lain, maka dunia akan penuh dengan kebingungan, cacian, makian dan tidak ada yang namanya kedamaian di dunia ini.

Kulit jeruk terasa pahit, sedangkan isi jeruk terasa sangat manis dan menyegarkan. Bukankan manusia dapat belajar dari alam…? Kita dapat mengupas kulit jeruk yang pahit dan merasakan nikmatnya jeruk manis dan menyegarkan. Kita tidak menyukai kejelekan, maka kita dapat membuangnya jauh-jauh dari kehidupan. Dan kita juga bisa memilih untuk mencari kebaikan dalam diri setiap orang yang hadir dalam kehidupan kita dari pada hanya mencari kejelekan dan keburukan mereka.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa (Alloh SWT) selalu membimbing kita untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dari hari ini… ^_^

Originally by Anonymous

0 Comments:

Posting Komentar